Cara gampang buat Nasi/oyek singkong orang sunda 😁 org jawa bilang nasi tiwul Yummy



Nasi/oyek singkong orang sunda 😁 org jawa bilang nasi tiwul. Tiwul merupakan makanan khas dari Jawa tengah. Tiwul sudah ada sejak jaman belanda. Bahan baku utama tiwul adalah Singkong.

Nah, itu tadi cara membuat nasi tiwul yang manis. Walaupun agak rumit dari pada menanak nasi biasa, tapi kamu perlu cobain deh. Nasi tiwul yang nggak manis, alias rasanya plain kandungan kalorinya lebih rendah daripada nasi putih biasa lho. Anda dapat membuat Nasi/oyek singkong orang sunda 😁 org jawa bilang nasi tiwul menggunakan 1 bahan dan 6 langkah-langkah. Inilah cara masaknya.

Resep Nasi/oyek singkong orang sunda 😁 org jawa bilang nasi tiwul Lezat Banget

Bahan yang digunakan membuat Nasi/oyek singkong orang sunda 😁 org jawa bilang nasi tiwul

  1. Siapkan 1 kg of singkong segar.

Waktu zaman penjajahan Jepang, Tiwul merupakan makanan pokok pengganti nasi. Bentuknya pun seperti nasi dan ditaburi parutan kelapa, sehingga rasanya Tiwul terbuat dari singkong kering atau gaplek yang kemudian dikukus. Makanan ini pun sudah tersebar di Pulau Jawa dengan versi daerah. Bagi kebanyakan orang jawa nasi tiwul lebih istimewa jika di konsumsi dengan sambal bawang dan ikan asin "MANTAPPPPP".

Langkah-langkah membuat Nasi/oyek singkong orang sunda 😁 org jawa bilang nasi tiwul

  1. Kupas singkong cuci bersih.
  2. Siapkan wadah besar isi air buat merendam singkong.. Singkong nya sampe kerendem semua ya.. Tunggu sampai 2-3 malam..kalo udah empuk angkat cuci bersih dan tiriskan semalaman.
  3. Kalo udah ditiriskan.. Tumbuk singkong sampai benar2 lembut..lalu ayak pake ayakan bambu.. Dan taro tampah di bawah ayakan..
  4. Gulung2 pake telapak tangan sampe bulat semua seperti telur ikan.. Klo udah jemur di bawah sinar matahari sekitar 1jam.. Siapkan kukusan untuk mengukus nasi singkong yg udah di jemur.. Kukus sampai mateng..bisa langung di makan atau bisa di keringkat biar jadi beras dan bisa di masak kapan ajah..yg di gambar foto udah aga lama dan maaf itu abis makan.. Ehh ada yg datang dan makan lagi jadi lauk pauknya udah berantakan.
  5. NB#ini resep ibuku di kampung kalo aku sih sllu tinggal makan..g pernah bikin langsung.. Cuma suka lihat kalo ibuku bikin dan suka di ajarin…oia makan itu g harus sllu nasi bahkan nasi singkong lebih bagus buat yg kena gula dan kolestrol.
  6. Selamat mencoba.

Selamat menikmati resep Nasi/oyek singkong orang sunda 😁 org jawa bilang nasi tiwul buatan kamu sendiri.

Tiwul adalah Nasi berbahan dasar ketela pohon atau singkong yang mempunyai rasa unik dan berbeda de.ngan nasi putih,serta dapat di konsumsi dalam berbagai sajian. Makanan khas pengganti beras yang berbahan baku singkong disebut juga nasi tiwul. Nasi tiwul atau lebih tepatnya tiwul telah diproduksi dan dikemas. Nasi Tiwul / gaplek dipercaya sebagai penghambat Sel-sel Kanker. Menurut beberapa penelitian kesehatan, kandungan asam butirat yang terdapat dalam nasi tiwul bisa menghambat berkembangnya sel-sel kanker.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *